Posted by : Lidatan Rabu, 10 April 2013

Halllooooo.... yah lama gak publish sesuatu, hohohoho... Okeh kebetulan saya baru beberapa hari ini rampung nonton anime yang menurut saya ya~ gak rela pas udah nonton Endingnya pengen lanjut season duanya. Tapi entahlah sepertinya gak bakalan ada season duanya kan?? Tapi berharap aja ada movienya gitu, kayak Steins;Gate :D

Dan anime itu jatuh pada 'PSYCHO PASS'. Kalo saya sendiri sih berpendapat anime ini saya rekomen banget deh!!! Dijamin !! Yang suka genre action dan sci-fi, tapi musti di tonton sama usia 17+ nih!!

Anime series yang terdiri dari 22 episode ini di produksi oleh Production I.G dan ditayangkan di Jepang pada Noitamina pemrograman blok Fuji TV mulai dari Oktober 2012 sampai Maret 2013. Manganya mulai di adaptasi di majalah Shuiesha Jump Square pada bulan November 2012.

Kalo plotnya sendiri : Psycho Pass mengambil setting di masa depan, dimana dapat mengukur keadaan mental, kepribadian, dan kemungkinan seseorang akan melakukan tindak kejahatan. Semua itu melalui perangkat yang terpasang pada tubuh setiap warga yang disebut Psycho-Pass. Ketika kemungkinan ini diukur dengan "Koefisien kejahatan" indexnya terlalu tinggi dalam tiap individu. Mereka akan dikejar dan ditangkap bahkan dibunuh dengan senjata dominator. Plot ini berfokus pada Akane Tsunemori, ia adalah seorang polisi baru yang dikenal sebagai Inspektur dalam Unit satu dari Divisi Investigasi Kriminal Keselamatan Biro Umum. Sebagai Inspektur ia memburu tindak kejahatan bersama tim khusus yang disebut penjahat laten (orang-orang yang dianggap kejahatan koefisiennya terlalu tinggi, dan tanpa kesempatan pemulihan) disebut Penegak. Kedua Penegak dan Inspektur menggunakan magnum-esque "dominators", senjata khusus yang dirancang untuk menembak pada seseorang yang lebih tinggi Koefisien Kejahatannya. Selama penyelidikan pertama Akane, mereka belajar dari dalang beberapa kejahatan, Shogo Makishima.


Karakter :

Shinya Kōgami (狡噛 慎也 Kōgami Shin'ya), Voiced by:  Tomokazu Seki.
Akane Tsunemori (常守 朱 Tsunemori Akane), Voiced by: Kana Hanazawa.
Nobuchika Ginoza (宜野座 伸元 Ginoza Nobuchika),Voiced by: Kenji Nojima.
Tomomi Masaoka (征陸 智己 Masaoka Tomomi),Voiced by: Kinryū Arimoto.
Shūsei Kagari (縢 秀星 Kagari Shūsei),Voiced by: Akira Ishida.
Yayoi Kunizuka (六合塚 弥生 Kunizuka Yayoi), Voiced by: Shizuka Itō.
Shion Karanomori (唐之杜 志恩 Karanomori Shion),Voiced by: Miyuki Sawashiro.
Shōgo Makishima (槙島 聖護 Makishima Shōgo),Voiced by: Takahiro Sakurai.

Terminologi :

Psycho-Pass (サイコパス Saikopasu) 
Biomarker mengukur keadaan mental, kepribadian, dan probabilitas bahwa seseorang akan melakukan kejahatan.

Crime Coefficient (犯罪係数 Hanzaikeisū) 
Probabilitas bahwa seorang warga negara telah melakukan kejahatan, atau mungkin melakukan kejahatan, yang ditentukan oleh tingkat stres warga negara dan keadaan biologis lainnya. Mereka yang Koefisien Kejahatannya terbaca melewati suatu tingkat tertentu diidentifikasi sebagai penjahat laten.

Sibyl System (シビュラシステム Shibyura Shisutemu) 
Sistem yang memonitor semua data yang terdaftar dari Psycho-Passe. Kemudian sistem ini terungkap bahwa mesin bio-sintetik terdiri dari ratusan otak manusia terkait bersama-sama yang membentuk "sistem pikiran" besar.

Psycho-Hazard (サイコ·ハザード Saiko-hazādo) 
Sebuah fenomena di mana tindakan dan perilaku seseorang dengan Koefisien Kejahatan tinggi dapat mengganggu stres orang lain, dan mempengaruhi kondisi mental mereka sehingga meningkatkan Koefisien Kejahatan mereka pada tingkat percepatan.

Dominator (ドミネーター Dominētā) 
Sebuah senjata berteknologi tinggi yang digunakan oleh inspektur polisi dan penegak, yang hanya dapat digunakan oleh orang yang terdaftar. Ketika ditujukan pada seseorang, ia akan membaca Kejahatan Koefisien orang itu dan mengubah modenya sendiri sesuai tingkat kejahatan seseorang tersebut. Secara default, pelatuknya tidak diaktifkan untuk menghindari menembak pada orang yang tidak bersalah. Ketika ditujukan pada seseorang dengan koefisien kejahatan tinggi, Dominator akan beralih ke "Non-lethal Paralyzer"mode, yang tembakannya tidak mematikan hanya melumpuhkan target untuk ditangkap. Jika target bertekad untuk memiliki koefisien kejahatan tinggi yang berbahaya, Dominator akan beralih ke "Eliminator Lethal" mode yang seperti namanya, dengan dampak melenyapkan target. Untuk melenyapkan non-hidup, Dominator aktif dengan sendirinya menjadi "Destroy Decomposer" mode, yang memancarkan debit besar. 
 
Criminally Asymptomatic
Sebuah klasifikasi orang-orang yang kriminal psikologinya tidak cocok dengan setiap pemindaian, membuat mereka kebal terhadap Dominator karena Koefisien Kejahatan mereka rendah. Diperkirakan bahwa 1 dari setiap 2 juta orang, memiliki status ini. Menurut Shogo Makishima, Koefisien Kejahatan mereka rendah karena mereka tidak menganggap tindak kejahatan mereka salah, agaknya mereka mempertimbangkan menjadi normal. Orang-orang dari kategori ini ditangkap dan dihukum dengan sangat rahasia, bahkan keberadaan mereka tidak diketahui publik sehingga dapat menjaga keyakinan Sistem Sibyl utuh.

Kalo nanya di mana tempat DLnya, coba deh cari di fansub eater-team, kalo linknya udah pada DEAD, ya kalian bisa browsing di gugul, pasti banyak yang memansub anime ini.


Credit : Wikipedia

UPDATE PENTING!!

Bagi pecinta anime sugee ini kalian  pasti mengharapkan ada season 2nya, kan? Dan jawabannya YES 1000000x anime besutan studio I.G Production ini bakal ada season 2nya tayang Oktober 2014. Kayaknya pas winter kan tuh? Gak hanya seriesnya, movienya juga bakalan rilis. So, ditunggu yah teman-teman...

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. setuju min...
    emang nih anime mantap abis deh, tp sayang kurang puas di endingnya...hehehehehe...
    sebenarnya q jg berharap bgt klu bklan ada season2-nya...hmmmmm....tp kpn ya???

    BalasHapus
  2. @geill : iyap!!! emang seru abis...
    hmmph... ada sih dapet kabar katanya bakalan ada season dua, tapi masih bikin naskahnya, gitu sih katanya...

    BalasHapus
  3. Aku blm nonton wkwk cm suka lagunya karena yg nyanyi egoist, tp makasi loh recomendnya, season 2nya sudah keluar,:) kalau ada waktu blogwalking mampir site aku ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Musti dan wajib tonton nih anime!! Walaupun banyak kekerasan tapi keren banget. Iyah S2nya udah keluar, katanya lebih sadis daripada S1nya. Okeh!! Makasih udah mampir juga! :)

      Hapus

- Copyright © 2013 Lidatan - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -