Posted by : Lidatan Senin, 03 Februari 2014

Selama liburan yang sangat panjang ini saya punya banyak waktu luang, heleh sebelum liburan juga punya banyak waktu luang :D daaaaan... kali ini saya mau repot-repot berbagi info menarik secara ekslusif buat kalian, hehe...

[catatan : kalimat yang italic style itu update'an dari saya].

Sekarang, tepatnya sih sebelum akhir tahun 2013. Saya lagi seneng dengan namanya Kagerou Project.

Apa itu Kagerou Project?



Kagerou Project atau dikenal dengan Heat Haze Project atau juga dikenal sebagai Kagerou Daze itu adalah Vocaloid song series yang diproduksi oleh Jin -nih nama orang yak bukan makhluk halus- atau biasanya si Jin juga dikenal sebagai Shizen no Teki-P. 

 

Yang belum tau apa itu Vocaloid, sebelum baca lebih banyak, silahkan cari dulu di google apa itu Vocaloid. Yang udah tau ya anda selamat, maksudnya selamat gak cape-cape browsing lagi.

Lagu series ini populer banget di situs video sharing NicoNico ketika si Jin ngepload lagu berjudul "Kagerou Daze". Sehingga dari sonolah project si Jin ini diberi nama Kagerou Daze atau Kagerou Project. Bai the wei... setiap lagu yang di upload si Jin -ada 9 track, 4 lagu eklusif untuk album Mechanical City Days- di situs NicoNico itu mempunyai alur masing-masing, kalau sekilas diliat sih kayaknya gak berhubungan satu sama lain, tapi kalau diliat bener-bener ternyata lagu-lagu yang dibikin si Jin itu berhubungan satu sama lain dan karakter yang dipake buat PVnya bukan para Miku CS, karakter original bikinan Shidu ama Wannyanpu, tapi tetep yang nyanyi si Miku ama IA.

Alurnya sendiri berkaitan tentang Mekakushi Dan, sebuah grup atau geng para anak-anak ababil, LOL maksud saya remaja yang memiliki kekuatan mata -merah- yang tak biasanya.

Karena saking terkenalnya, maka diangkat menjadi Light Novel dan Manga. Naskahnya/Screenplaynya ditulis ama Jin sendiri. Light Novel ama Manganya masih berlanjut sampai sekarang. Light Novelnya udah ampe 4 volume sedangkan manganya udah nyampe 3 volume. Dan kabar baiknya lagi, lagu series ini diangkat jadi anime yang bakal tayang di musim semi 2014 nanti, dengan judul Mekakucity Actors Horrrayyyy... ditanganin ama Akiyuki Shinbo dan diproduksi studio Shaft -Madoka Magica, Monogatari series, Nisekoi- si Jin juga ikut berpartisipasi bikin screenplay, keterlibatannya menjanjikan adaptasi yang akan benar-benar lurus dan setia dengan sumber originalnya yang berupa lagu-lagu vocaloid yang dinyanyikan oleh IA. Wannyanpu ama Shidu juga ikut berpartisipasi, kalau desain karakternya sendiri tetep pake desain karakternya Shidu :




Tetep yak, keliatan khas artworknya Shaft. Okeh, sebelum kita menuju plot, mending saya perkenalkan dulu karakter-karakter Kagerou Project, simak baik-baik :

Tsubomi Kido

 

Age : 17
Height : 168 cm
Weight : 44 kg
Blood Type : B
Birthday : January 2
Ability : Concealing Eye
Hobby : Listening music
Favourite Artist : _asis, RADI_HEAD, Toku_shuugo

Kido yang biasanya sering disangkain cowok ini adalah leader Mekakushi Dan. Ya lah disangkain cowo tampilannya aja gitu, padahal kan dia itu cewek! Tapi walaupun keliatan tomboy, masakan dia itu enak, bahkan kadangkala dia nunjukin sifat keibuannya. Kido adalah member code 1 di Mekakushi Dan. Member lain sering memanggilnya Dancho (geng leader). Punya tatapan mata yang serem, makanya pas pertama kali Shintaro gak sengaja nabrak Kido langsung gelagapan. Tapi nih anak suka ama yang kawaii-kawaii, beh! -_- Lagu series yang menceritakan tentang Kido judulnya : Mekakushi Code. Kido lebih seneng dipanggil nama belakangnya, alasannya? Saya juga gak tau, ahahaha...

Sebelum dia ngebentuk Mekakushi Dan, Kido itu anak kedua dari keluarga tajir. Tapi sering dianggap kayak anak haram oleh ayahnya dan pacar ayahnya, bei the wei ayahnya ini cowok playboy. Kido selalu merasa kayak orang luar, bahkan di rumahnya sendiri. Karena hal itu, Kido memiliki keinginan kuat untuk "menghilang". Suatu hari, bisnis ayahnya bangkrut, ayahnya jadi majnun dan ngebakar rumahnya sendiri #Bego tuh mending kasih ke saya. Si Kido mati terjebak di dalam rumah bareng kakaknya. Tapi Kido hidup kembali, setelah memasuki Kagerou Daze -Kagerou Daze itu apa? entar ketahuan kok apaan, hehehe- dan setelah itu dia dirasuki ular dan mendapatkan kekuatan mata "Concealing Eyes". Kekuatan mata ini dapat menyembunyikan kehadirannya diantara kerumunan orang-orang jaraknya radius 2 meter. Berteman dengan Seto dan Kano di panti asuhan -soalnya kan udah jadi yatim piatu- kemudian dia diadopsi oleh keluarga Tateyama.

Kousuke Seto

 

Age : 17
Height : 178 cm
Weight : 72 kg
Blood Type : O
Birthday : March 28
Ability : Stealing Eyes

Hah? Seto? Sepertinya nama ini sangat familiar di negara 3D sebelah, okeh lupakan saja. Seto merupakan member code 2 di Mekakushi Dan. Cowok ini sering dicap sebagai cowok baik hati -Ahay- di geng, dan paling deket ama Mary. Sehingga saya seneng banget ama pairing Seto dan Mary #kyaaaaaaaa.




Lagu series yang menceritakan tentang Seto judulnya : Shounen Brave. Sama kayak Kido, doi lebih seneng dipanggil dengan nama belakangnya. Seto itu anggota yang paling sibuk, dia itu punya kerja sampingan banyak banget. Hobinya itu mengembara ke tempat-tempat yang seharusnya gak dikunjungi. 

Masa lalunya Seto rada menyedihkan. Karena bentuk tubuhnya yang kecil, dia sering banget dibully ;A; sabar yak Seto-kun. Sehingga membuat Seto rada susah untuk berkomunikasi, mungkin takut kali yah! Teman satu-satunya itu anjing yang ditinggalkan ama majikannya, duh gue juga mau kali jadi temen lu Set ;A; Seto berharap dia dapat "mengerti perasaan orang tanpa menggunakan kata-kata". Waktu itu lagi badai nih, anak-anak iseng yang sering ngebully dia mencoba menjatuhkan temen satu-satunya Seto alias doggy alias si anjing ke sungai. Eh, rupanya anak-anak iseng ini bener-bener ngejatuhin si anjing ke sungai, ya akhirnya Seto nyebur juga buat nolongin temennya, hiksu. Seto tenggelam bersama si anjing dan mati. Sama keadaannya dengan si Kido, Seto hidup kembali setelah memasuki Kagerou Daze dan dirasuki ular sehingga mendapatkan kekuatan "Stealing Eyes". Kekuatan ini dapat membaca pikiran orang ketika saling kontak mata. Sebenarnya Seto gak suka menggunakan kekuatannya. jadi Seto jarang menggunakan kekuatan matanya. Seto diadopsi oleh keluarga Tateyama bareng Kido dan Kano. Bersama, mereka membuat geng Mekakushi Dan.

Shuuya Kano


Age : 17
Height : 165 cm
Weight : 50 kg
Blood Type : B
Birthday : May 10
Ability : Deceiving Eye

Okeh, cowok pendek satu ini #digebuk merupakan member code 3 di Mekakushi Dan. Cowok ini digambarkan sebagai cowok tukang bual, soalnya gak ada yang tahu, omongannya itu bener atau bohong. Lagu series yang menceritakan tentang Kano judulnya : Yobanashi Deceive. Sama kayak Kido dan Seto, Kano lebih seneng dipanggil nama belakangnya. Kano itu seneng banget ngatain/ngegodain Mary ama Momo. Waktu Kano kecil, dia gak pernah didaftarin ama emaknya ke Taman kanak-kanak ataupun PAUD wkakakakak. Kano kecil tinggal bersama ibunya di apartemen. Ibunya yang emosional membesarkan Kano agak kasar, soalnya si Kano dipukulin gitu ama ibunya sendiri, sehingga tetangganya menyebarkan rumor bahwa Kano sering disiksa ibunya. Kano percaya kalo ibunya berbuat kayak gitu karena dia yang salah, jadi Kano memiliki keinginan kuat untuk "menyembunyikan lebam dan luka di tubuhnya" dari semua orang, karena alasan itulah yang membuat para tetangganya gak suka ama ibunya. Suatu hari, apartemennya disatronin ama tamu tak diundang. Ibunya Kano ditusuk sampai mati demi melindungi Kano, begitupun Kano, dia ditusuk sampai mati ketika mencoba melawan si maling. Ya, selanjutnya dia memasuki Kagerou Daze, dan dirasuki ular, mendapatkan kekuatan  "Deceiving Eyes". Kekuatan yang dapat menipu/memanipulasi penglihatan orang-orang. Setelah kejadian itu dia dibawa ke panti asuhan, kemudian diadopsi oleh keluarga Tateyama, yang ngasih nama geng Mekakushi Dan itu Kano, yang lebih bertingkah kayak leader sih keliatannya Kano. 

Kozakura Mary

 
Age : 140
Height : 154 cm
Weight : setara berat 130 apel.
Blood Type : ???
Birthday : July 21
Ability : Making Eye Contact

Mary adalah member code 4 di Mekakushi Dan, dan orang pertama yang bergabung di Mekakushi Dan setelah Kido, Seto, Kano, Ayano membentuk geng ini. Cewek ini seperempat medusa dan tiga perempat manusia, memiliki warna rambut putih albino, ketika rambutnya bergoyang itu artinya Mary lagi seneng atau lagi takut. Memiliki mata berwarna merah. Jangan tertipu dengan penampilannya yang macam anak berumur 14 tahun. Sebenarnya umur Mary itu 140 tahun -anjrit mungkin karena keturunan medusa- Mary itu pemalu jika bersama orang yang gak dikenal. Sering bersembunyi di belakang Seto, Kido, atau Momo. Lagu series yang menceritakan Mary judulnya : Kuso Forest dan Mary no Kaku Sekai.

Hobinya itu baca manga BL, itu artinya dia fujoshi, sekaligus hikkikomori juga. Waktu Mary masih kecil, dia tinggal di sebuah rumah kecil di hutan, bareng ibunya, Shion yang setengah medusa. Ketika Mary agak tumbuh besar, ibunya mengatakan kalo orang yang menatap mata mereka akan berubah menjadi batu -woah macam Malin Kundang aje- suatu hari, ketika Mary main keluar rumah padahal udah dibilangin ama ibunya jangan main keluar. Eh tak sengaja Mary ditemukan dan disiksa oleh sekumpulan/geng cowok-cowok. Shion dengan sukses mengubah para cowok-cowok yang nyerang Mary jadi batu -mamposs lu pade- tapi Shion malah mati, soalnya ada salah satu anak dari geng yang nyerang Mary itu belum jadi batu dan nyerang Shion. Pada tanggal 15 Agustus -tanggal 15 Agustus adalah tanggal yang sangat sakral bagi Kagerou Daze- Mary mati -gue kagak tau kenapa- mereka berdua dibawa ke dalam Kagerou Daze oleh Azami, ibunya Shion yang sepenuhnya Medusa, artinya Azami itu neneknya Mary. Azami memberikan kekuatan ular "Combining Eyes" kepada anaknya, Shion. Tapi Shion dengan rela memberikan kekuatan itu kepada Mary, maka dari itu Mary diberikan kesempatan untuk hidup kembali -sedikit agak terjawab kan?- hasilnya dengan kekuatan "Eye Contact" yang dia miliki sejak lahir, yang mana dapat mengubah seseorang menjadi batu -kalo kontak mata langsung- kini Mary juga mendapatkan satu kekuatan lagi "Combining Eyes". Artinya Mary punya dua kekuatan. Setelah kembali hidup, dia tinggal di hutan, terisolasi, lebih dari seratus tahun. Mungkin karena takdir atau mungkin karena hobi Seto yang doyan menjelajah, Seto menemukan Mary dan membawa Mary keluar dari dunia menyendiri itu huhuhuy, Seto juga mengajak Mary bergabung dengan gengnya. Setelah bergabung Mary memiliki kerja sampingan membuat bunga palsu di kamarnya.

Kisaragi Momo


Age :16
Height : 162 cm
Weight : 43 kg
Blood Type : O
Birthday : February 14
Ability : Captivating Eye

Momo merupakan member code 5 di Mekakushi Dan, Momo adalah adiknya Shintaro dan idol super populer yang rada frustasi ama kehidupan idolnya. Beda dengan kakaknya, Momo itu ceroboh banget, tapi gadis yang ceria. Lagu series yang menceritakan Momo judulnya : Kisaragi Attention dan Otsukimi Recital. Ketika Momo masih kecil, dia selalu dibayangi oleh kakaknya, Shintaro. Membuatnya kepengen diperhatikan. Sesudah kecelakaan tenggelam di pantai, Momo ditelan oleh Kagerou Daze dengan ayahnya yang mencoba menolong Momo dan dirasuki ular, sehingga mendapatkan kekuatan "Drawing Eyes", kekuatan mata yang dapat menangkap perhatian orang-orang. Sesudah insiden dimana Momo berusaha dan gagal menjadi normal, Kido merekrut Momo sebagai member Mekakushi Dan. Momo ama Mary berteman baik.

Ene atau Enemoto Takane

 

Age : ???
Height : 640 pixel
Weight : 2MB
Blood Type : AB
Birthday : ???
Ability : Opening Eye, pergi ke masa lalu

Ene adalah member code 6 Mekakushi Dan. Ene itu cewek cyber yang seneng banget jahil ama Shintaro, Ene tinggal di dalam komputer Shintaro, tapi bisa menjelajah ke perlengkapan elektronik lainnya. Sewaktu jadi manusia bernama Enemoto Takane sifatnya berbeda seratus dua puluh derajat ama Ene si cyber girl. Takane itu gadis pesimis, dan selalu merasa sebel.

 

Lagu series yang menceritakan tentang Ene : Jinzo Enemy, Headphone Actor, Ene no Denno Kiko, dan Yukei Yesterday. Ketika Ene masih jadi manusia, dia menderita penyakit apa gitu sehingga sering pingsan. Karena itu, dia ditempatkan dikelas terpisah bersama Haruka Kokonose -maksudnya itu disekolah yah- Takane yang doyan main game 'Dead Bullet-1989' -game tembak-menembak zombie- itu memiliki peringkat kedua waktu ikut turnamen nasional, ya iyalah tuh cewek main game sering banget bahkan sering begadang. Mungkin karena itu temperamennya buruk banget, soalnya dia bukan tipe Morning Person. Takane mati diracuni Kenjiro. Wow anjir, padahal Kenjiro wali kelasnya. Ketika masuk ke dalam Kagerou Daze, dia diberikan kekuatan ular "Opening Eyes", memberikannya keabadian. Setelah menjadi Ene, dia dikirim ke komputer Shintaro, awalnya dalam bentuk email yang dikirim dari pengirim yang tak diketahui. Shintaro menganggap Ene itu virus, soalnya Ene itu jahil banget, doyan ngedelete file bahkan ngeupload puisi memalukan Shintaro ke internet. Ene bergabung dalam geng setelah membantu menghentikan aksi teroris di sebuah departement store dengan Shintaro. [Update] Ene juga memiliki kemampuan bisa pergi ke masa lalu,  ditunjukkan di novel ke-4, ia berkomunikasi dengan Ayano, bekerjasama menghentikan "clarifying guy", hal ini mengacu pada kekuatan Clarifying Eyes yang dimiliki Kenjiro, tapi fans percaya clarifying guy itu maksudnya Kuroha.

Kisaragi Shintaro

 

Age : 18
Height : 172 cm
Weight : 58 kg
Blood Type : A
Birthday : April 30
Ability : ???
Favorite Manga : Kamikaze Kaitou Jeanne

Shintaro member code 7 Mekakushi Dan. Dia pemeran utama protagonist di cerita ini. Shintaro memiliki IQ 168, dia itu pinter banget, makanya banyak orang yang suka ngeperhatiin, itu yang bikin adeknya, si Momo cemburu. Ya, karena pinter banget, dan sering dapet nilai ujian yang perfect, ngebuat Shintaro bosan ama hidup yang kayak gitu -ya elah macam mana kau!- selalu cepet marah, kadangkala Shintaro berharap dia pengen menghilang. Lagu series yang menceritakan tentang Shintaro judulnya : Lost Time Memory dan Toumei Answer. Di sekolah, Shintaro agak tertarik dengan cewek yang duduk di sebelahnya. Ayano Tateyama. Ayano itu cewek ceria dan friendly terhadap Shintaro, tapi Shintaro malah membalas sikapnya dengan sikap dingin. Setelah Ayano bunuh diri, Shintaro menjadi hikkikomori, addicted dengan internet. Satu tahun berlalu, komputernya dikirimi sebuah virus misterius bernama Ene, Shintaro gak bisa mengontrol aksi Ene -ya kau tahu lah-

Setelah berhasil menghentikan aksi teroris di departemen store Shintaro terlibat dengan Mekakushi Dan. Dipaksa bergabung oleh Kido :D.

Kematian Ayano memiliki 2 rute kemungkinan bagi Mekakushi Dan, ditunjukkan di lagu Lost Time Memory [INGAT HANYA DALAM PV]. Di rute 1 (juga dikenal sebagai rute good ending) Shintaro (sering digambarkan memakai jersey berwarna merah) dia tidak menjadi hikkikomori, tidak berkabung atas kematian Ayano, dan menemui Mekakushi Dan. Di rute XX (juga dikenal sebagai rute bad ending) Shintaro (sering digambarkan memakai jaket hitam) masih berkabung terhadap kematian Ayano. Bahkan Shintaro bosan dengan Ene, dan membunuhnya tanpa maksud yang diketahui, membuat mentalnya jadi down. Red Shintaro (Shintaro yang memakai jersey merah) mati ketika menyelamatkan Kuroha yang menembak dirinya sendiri. Sementara Black Shintaro mati membunuh dirinya sendiri dengan cara merobek tenggorokannya dengan gunting berwarna merah. #Ih Wow!! Dan tentu saja mereka keduanya mati bertepatan pada tanggal 15 Agustus, otomatis keduanya memasuki dunia Kagerou Daze dan bertemu Azami. Tapi, betapa terkejutnya di sana ada seseorang lagi, yaitu Ayano. Red Shintaro bisa berhadapan dengan Ayano untuk pertama kalinya, black Shintaro melarikan diri karena takut dan merasa bersalah. Red Shintaro mendapatkan kekuatan mata dari Ayano dan syal merahnya, sedangkan black Shintaro terbangun di tempat tidurnya, sendirian lagi. Dari semua PV Kagerou Daze saya paling suka ama Lost Time Memory :3, oh, ya... di animenya sendiri entah dari mana Shintaro sudah memiliki kekuatan mata merah [silahkan tonton episode 08 - act. Lost Time Memory] kekuatan mata Shintaro adalah mengingat/melihat di rute timeline yang berbeda. Ada yang pernah baca manganya? Ketika Kuroha menghadang member Mekakushi Dan pulang dari taman hiburan, Kuroha membunuh Seto, Ene, Kano, dan Kido. Sebelum Kuroha membunuh Shintaro dan Momo, Shintaro mengenali atau nampaknya mengingat bahwa Kuroha itu Konoha, dan waktu ter-reset kembali. Setahu saya, di manga maupun di novelnya Shintaro belum menampakkan kekuatannya.

Amamiya Hibiya

 

Age : 12
Height : 140 cm
Weight : 36 kg
Blood Type : AB
Birthday : November 4
Ability : Focusing Eye

Hibiya member code 8 Mekakushi Dan. Dia sering disebut dewasa sebelum umurnya, dan ini ditunjukkan ketika Hibiya naksir berat ama Hiyori, awalnya sih dia itu ngefans ama Hiyori. Ngefans berat lah, mana nih orang narsis abis lagi. Hibiya bergabung dengan Mekakushi Dan setelah ketahuan melarikan diri dari rumah sakit ketika dia dirawat akibat kecelakaan. Lagu series yang menceritakan Hibiya judulnya : Kagerou Daze dan Otsukimi Recital. Hibiya member shouta alias yang paling muda -berondong cuy- umurnya 12 tahun dan memiliki kekuatan "Eye Focusing", artinya Hibiya dapat melihat objek secara jelas yang sangat jauh dari pandangan antena atau satelit gitu lah. Sebenarnya Hibiya itu berasal dari desa di daerah pedalaman banget, bahkan masyarakatnya kagak tahu apa itu ponsel. Hibiya dan Hiyori datang ke kota ketika musim panas. Hibiya ke kota karena dipaksa Hiyori, tapi ya dia mau-mau aja secara dia ngefans ama Hiyori. Tujuannya sih, Hiyori kepengen Hibiya ngangketin barang-barangnya. Sekaligus Hiyori pengen minta tanda tangan artis yang sekarang lagi naik daun, karena kagak dibolehin orang tuanya, makanya dia ngajak Hibiya, sekalian juga beli ponsel buat Hibiya di kota. Mereka menginap di rumah kakaknya Hiyori. Hibiya itu punya rasa cinta yang dalem banget ama Hiyori. Pas Hibiya ngeliat Hiyori mati kecelakaan ya dia kacau banget. Hibiya terjebak di dalam perulangan waktu demi mencoba menolong Hiyori dari kematian setiap waktu diulang. -jadi ingat Steins;Gate sama Madoka Magica ;A; kayaknya alur tentang Hibiya sungguh tragis.

Konoha atau Kokonose Haruka


Konoha
Age : ???
Height : 182 cm
Weight : 64 kg
Blood Type : O
Birthday : December 24
Ability : Awakening Eye

Konoha member code 9 Mekakushi Dan, cowok satu ini agak linglung, wkakakakak, punya ekspresi datar, terus punya nafsu makan yang besar banget, persis kayak Konoha ketika jadi manusia dulu -Kokonose Haruka- rakus banget. Lagu yang menceritakan tentang Konoha judulnya : Konoha Sekai Jijo, Yukei Yesterday, Outer Science, ama Summertime Record. Waktu dia jadi manusia, Haruka menderita sebuah penyakit yang berat banget, kayaknya kalo ada serangan kecil aja, bakalan langsung DEAD END. Makanya si Haruka ditempatkan di kelas berbeda bareng Takane alias Ene. Dia mati kena serangan jantung,


lalu memasuki Kagerou Daze dengan Takane -saya kagak tau pasti, bener apa gak dia masuk ke Kagerou Daze bareng Takane- dan dirasuki ular, sehingga mendapatkan kekuatan "Awakening Eyes", memungkinkan dia tinggal di tubuh yang ideal, dan bayarannya itu adalah memorinya. Jadi si Haruka mengambil bentuk tubuh sesuai dengan karakter game yang dia buat. Pas kembali hidup, si Haruka yang kini menjadi Konoha kena amnesia, tinggal di rumah Ayaka -kakaknya Hiyori- disitulah si Konoha ketemu Hibiya ama Hiyori dan mencoba menolong Hibiya ama Hiyori dari Kagerou Daze, tapi dia cuma bisa berdiri pas kecelakaan terjadi, kagak bisa nolongin mereka. Di alternative version, Konoha juga muncul di lagu Outer Science, dispekulasikan karena trauma ketika membuka matanya -mungkin maksudnya membuka kekuatan matanya- dan terjadi kerusakan -corrupt gitu kayak program aje dia- dan lahirlah Konoha kedua atau bisa disebut dark Konoha, kebanyakan sih di fandom Kagerou nyebut dark Konoha ini Kuroha. Di rute XX si Kuroha mengetahui kebenaran Kagerou Daze, pokoknya dia jadi gak waras deh karena hal itu, jadi Kuroha berusaha menghancurkan Kagerou Daze dengan membunuh semua anggota Mekakushi Dan, menstimulasi Mary menggunakan kemampuan 'Combining Eyes'. Karena itu Mary selalu mengulang tanggal 15 Agustus saat semua anggota Mekakushi Dan berkumpul ;A; huaaaa, kasian banget Mary di PV Outer Science. Di rute 1, tak diketahui alasannya dia mencoba menembak dirinya sendiri -di kepala- tapi diselamatkan oleh red Shintaro. Nih, penampakan Kuroha kalo gak lagi ganas :v sowry yak ada Mary nyempil...



Tateyama Ayano 


Kayaknya karakter cewek yang kemana-mana pake syal merah gak Mikasa aja, nih buktinya si Ayano juga. Ayano member code 0 Mekakushi Dan, kenapa 0? Karena nih cewek penemu geng Mekakushi Dan atau istilah kerennya founder. Setelah keluarganya ngadopsi Kido, Seto, ama Kano yang memiliki mata merah -bukan iritasi yak, kenapa juga disebut mata merah karena ketika si pengguna ngaktifin kekuatan matanya, warnanya berubah jadi merah- Ayano memutuskan berperan sebagai "big sister" dengan membentuk Mekakushi Dan. Setelah kematian ibunya terjebak tanah longsor dan menemukan ayahnya melakukan eksperimen pada temannya, ya buat mencoba menyelamatkan hidup Ayaka -ayo tebak sape yang dijadikan eksperimen ama babenya Ayano? masih inget?- Ayano tambah khawatir mengenai keselamatan Kido, Seto, ama Kano. Lalu nih cewek memutuskan untuk bunuh diri melompat dari atap gedung sekolah, eits... bukan karena pasrah yak! Tapi dia pengen ngedapetin keuntungan mata merah dan ngedapetin kekuatan mata itu untuk dirinya, ya tujuannya buat melindungi keluarganya, Yap, akhirnya Ayano sukses mendapatkan kekuatan ular "Favouring eyes", tapi sayangnya Ayano gak bisa keluar dari Kagerou Daze, dia juga belum mati di dalam Kagerou Daze. Di rute XX, black Shintaro yang bertemu dengan Ayano -sebenarnya Kano yang menyamar jadi Ayano- dia nyalahin black Shintaro kenapa Ayano jadi bunuh diri, mungkin Kano rada dendam kali ama Shintaro soalnya Kano itu sayang sama Ayano -sayangnya dalam artian antara kakak adik mungkin- atau Kano sengaja ngelakuin itu buat ngaktifin kekuatan mata Shintaro -who knows?- dan itu sebabnya black Shintaro mentalnya down yak! Di rute 1 sesudah red Shintaro ketemu Ayano di dalam Kagerou Daze, Ayano memberikan kekuatan matanya buat red Shintaro dan akhirnya Ayano benar-benar mati untuk selamanya, hiksu... ;A; Oh, iya lagu series yang menceritakan Ayano judulnya : Ayano Happines Theory. Kalau saya nonton PVnya berasa pengen nangis, gila sedih banget!! TAT Ayano gak pengen kebahagiaan orang lain terenggut, makanya dia memutuskan sendiri untuk mendapatkan mata merah itu.

Tateyama Kenjiro


Kenjiro itu babenya Ayano dan suaminya Ayaka. Dia juga wali kelasnya Takane dan Haruka sekaligus tutornya Momo. Lagu series yang menceritakan Kenjiro judulnya : Dead and Seek. Kenjiro memiliki kekuatan "Making Eyes Clear" dan tampaknya dia tahu mengenai Medusa. Ketika masih kuliah ceritanya si Kenjiro naksir nih ama Ayaka. Tapi Ayaka gak tertarik ama cowok yang menyedihkan, dan karena itu Kenjiro berusaha banget buat kerja keras dan mengambil study -apa gitu- lebih serius. Ternyata membuahkan hasil, akhirnya Kenjiro menikah dengan Ayaka. Terus mengadopsi Kido, Seto, ama Kano. Kenjiro tertarik mengenai teori Medusa dan mencoba meneliti bareng Ayaka, eh ternyata nasib mereka lagi apes, tiba-tiba aja ada tanah longsor dan mereka berdua mati. Kenjiro memasuki Kagerou Daze dan dirasuki ular, sehingga mendapatkan kekuatan "Clearing Eyes". Setelah kematian Ayaka Kenjiro terobsesi banget sama penelitiannya yang tertunda itu, sampai-sampai nih makhluk bereksperimen dengan cara membunuh kedua muridnya, kejam amat yak nih makhluk, ckckck... obsesi benar-benar membuat orang menjadi gila. Yang saya baca sih, kenapa dia ngebunuh Haruka ama Takane itu biar bisa ngebuka pintu atau mengendalikan Kagerou Daze demi nyelamatin istrinya, Ayaka.

Asahina Hiyori


Age : 12
Height : 138 cm
Weight : 34 kg
Blood Type : A
Birthday : March 3
Ability : None

Hiyori itu cewek keras kepala dan angkuh yang pengen banget ke kota. Tapi walaupun gitu, Hiyori itu populer di sekolah, bahkan dia punya fans club. Hiyori membawa Hibiya ke kota -dipaksa- buat nolongin dia ngangkatin barang-barangnya dan menginap di rumah kakaknya, Ayaka. Bei the wei, si Hiyori ini naksir ama Konoha yang tinggal di rumah kakaknya juga, woah Hibiya cintamu bertepuk sebelah tangan, nak. Ketika mereka pengen ngedapetin tanda tangannya si Momo, Hiyori kecelakaan, dan terjebak di perulangan waktu -bei the wei Hiyori ama Hibiya sama-sama terjebak di perulangan waktu- si Hiyori juga mencoba menolong Hibiya, tapi sayangnya Hibiya berhasil keluar dari kagerou daze, dan gantinya Hiyori yang benar-benar mati.

Kozakura Shion


Shion itu setengah medusa dan ibunya Mary. Ketika Shion kecil, dia tinggal bareng ama orang tuanya, Azami dan Tsukihiko. Shion itu sayang banget ama anaknya, Mary, makanya dia gak mau ngebiarin Mary main diluar. Tapi, karena anak kecil nih, pasti rasa keingintahuannya besar, Mary malah gak nurut ama perintah ibunya. Dia main keluar, eh disiksa ama sekumpulan cowok-cowok. Lalu Shion mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Mary, dan menggunakan kekuatan matanya untuk mengubah mereka menjadi batu -ku kutuak kau Malin Kundang-

Mungkin karena terlalu berlebihan menggunakan kekuatannya, Shion mati terus ditelan oleh Kagerou Daze dan Shion diberikan kekuatan "Combining Eyes" tapi Shion gak mau, dia pengen Mary yang mendapatkan kekuatan itu. Lagu series yang menceritakan Shion judulnya : Gunjou Rain.

Azami

 

Azami itu sepenuhnya medusa dan ibunya Shion. Ular-ular tumbuh dikepalanya -ya lah kan dia medusa, bayangin aja si Azami mirip kayak pacarnya sape tuh yang di Monster Inc.- setiap ular itu memiliki kekuatan unik. Dia pernah berpikir, manusia itu "makhluk yang lemah dan dengan mudahnya mati" tapi walaupun gitu, si Azami malah jatuh cintrong ama manusia, si Tsukihiko dan mereka mulai berkeluarga. Setelah menyadari betapa sebentarnya hidup manusia itu dibandingkan keabadiannya -ya iyalah- Azami berkelana menggunakan kekuatan ular dan menciptakan sebuah dunia yang tak pernah ada akhirnya atau dikenal Kagerou Daze -nah udah tahu kan apa itu Kagerou Daze, dan sape yang nyiptain- Di situ dia dapat tinggal dengan keluarganya selama lama lama lamanya. Rada gak jelas si Azami itu menuggu keluarganya sampai di dalam Kagerou Daze, sebelum Azami menyadari bahwa suaminya sudah mati. Kemudian Azami kembali ke desa, eh ternyata penduduk desa malah menyerang rumahnya. Sehingga membuat Azami kembali pada ideologinya yang dulu, Azami kembali lagi ke Kagerou Daze sendirian. Beberapa tahun kemudian, anaknya dan cucunya, Shion dan Mary terbunuh pada tanggal 15 Agustus. Mengetahui hal ini Azami memerintahkan Kagerou Daze "bawa setiap orang yang mati pada tanggal 15 Agustus" untuk diberikan kekuatan mata merah, kemudian Azami memberikan kekuatan "Combining Eyes" untuk Shion, sehingga Shion dapat kembali hidup -tapi dia malah ngasih kekuatannya ama Mary- Karena hal itu yang menyebabkan Azami kehilangan kekuatan untuk mengendalikan Kagerou Daze, jadi setiap tanggal 15 Agustus Kagerou Daze menarik orang-orang yang sudah mati -di hari Mary mati- Lagu series yang menceritakan Azami judulnya : Shinigami Record. 

Fuih, sori yak, sebenernya ada dua karakter lagi Tsukihiko ama Ayaka. Tapi karena saya udah cape, jadi sampai sini ajah pengenalan karakternya yeee~ hahaha... nih, kalo masih bingung saya kasih chart karakternya :


 
Sekarang kita akan memasuki sesi alur, sebenarnya sih udah kebayang kan alurnya gimana pas ngebaca perkenalan karakternya? Tapi entar gak kerasa lengkap. Mungkin ini bakalan jadi spoiler Light Novel -Missing Children- juga :v

Okeh awal cerita diciptakannya Kagerou Daze, sebelum alur utama :

Pada awalnya Azami itu gak punya tubuh ataupun nama, dia selalu berada di dalam kegelapan. Ketika dia memiliki tubuh, tapi terlihat seperti bayangan hitam dengan mata merah. Azami belajar tentang "kegelapan", "cahaya", "hari ini", "kemarin", "mata", dan lain-lain. Azami diserang oleh manusia sebelum dia memiliki tubuh yang utuh, tapi gak tahu gimana cara mengontrolnya. Dia mulai mengerti kekuatan ular yang tumbuh dikepalanya, dan mulai mempelajari untuk mendapatkan kekuatan ular dan bagaimana cara menggunakan mereka satu per satu. Ketika dia bertemu Tsukihiko, Tsukihiko memberinya nama yaitu Azami. Kemudian Tsukihiko membangun rumah di hutan, Azami jatuh cinta dengan Tsukihiko dan menciptakan Favoring Eyes. Setelah itu Shion lahir. Azami berkelana dan menciptakan Kagerou Daze dengan 10 ular. Kemudian Azami kembali ke desa, dan menemukan rumahnya diserang oleh penduduk, semuanya telah hilang. Tsukihiko mati mencoba melawan penduduk desa. Azami pergi dari desa dan kembali ke Kagerou Daze.

Kemudian, Shion menikah dan melahirkan Kozakura Mary. Kozakura Mary terlahir memiliki Aligning Eyes/Eye Contact -itu kekuatan mata yang bisa ngubah jadi batu-. Setelah Mary lahir, ayahnya mati -saya kagak tau mati kenapa-. Kira-kira sekitar 140 tahun sebelum alur utama, ketika tanggal 15 Agustus, Kozakura Shion mati karena terlalu banyak menggunakan kekuatan, kemudian tertelan oleh Kagerou Daze, dan mengorbankan dirinya untuk Mary agar bisa keluar dari Kagerou Daze. Pada tanggal yang sama Mary juga mati dan menerima kekuatan "Combining Eyes". Karena pada awalnya kekuatan Combining Eyes itu diberikan pada Shion tapi Shion malah meberikan pada anaknya, Azami kehilangan kekuatan untuk mengendalikan Kagerou Daze, sehingga orang yang mati setiap tanggal 15 Agustus selalu kesasar atau masuk ke dalam Kagerou Daze.

[Re-edit] Sekitar 12 tahun sebelum alur utama :

15 Agustus :

Seto Kousuke mati tenggelam bersama Hanako di sungai dan Seto menerima kekuatan stealing eyes. Sebagai gantinya temannya, Hanako si anjing, mati.

Sekitar 11 tahun sebelum alur utama :

15 Agustus :

Kano bertemu Ayano di taman.
Kido Tsubomi mati terbakar bersama kakaknya dan Kido menerima kekuatan concealing eyes, gantinya kakaknya yang mati.
Kano Shuuya mati tertusuk dengan ibunya, Kano menerima kekuatan deceiving eyes, gantinya ibunya yang mati. Kemudian, Kido dan Kano dibawa ke panti asuhan yang notabene si Seto udah lebih dulu ada di panti asuhan itu, selanjutnya Tateyama Ayaka  mengadopsi Kido, Seto, dan Kano. Ayano, Kido, Seto, dan Kano membuat Mekakushi Dan. Di hari itu juga Momo mati tenggelam bersama ayahnya yang mencoba menolongnya dan Momo mendapatkan kekuatan captivating eyes, gantinya ayahnya yang mati.

Tiga tahun sebelum alur utama :

15 Agustus :

Tateyama Kenjiro mati bersama Tateyama Ayaka karena terjebak tanah longsor, Kenjiro mendapatkan kekuatan clearing eyes, gantinya Ayaka mati, kemudian Kenjiro dan ular yang merasukinya berencana untuk mengumpulkan setiap orang yang memiliki kekuatan ular dan mengorbankan hidup mereka untuk mendapatkan kekuatan ular mereka, sehingga dapat menciptakan seekor monster. Tujuannya sih biar bisa ngendaliin Kagerou Daze demi nyelamatin istrinya, si Ayaka. Masih di tahun itu juga Kokonose Haruka dan Enemoto Takane ditempatkan di kelas spesial dan Kenjiro sebagai wali kelas mereka. Sebentar lagi sekolah mereka bakal diselenggarakan festival budaya, Haruka dan Takane walaupun kelas mereka spesial, mereka berdua juga mesti ikut berpartisipasi. Akhirnya mereka berdua bikin game Shooting booth (stand tembak-menembak yang hampir sama kayak Dead Bullet 1989 yang dimainin Takane). Kido, Kano, Ayano, dan Shintaro pergi ke festival budaya di sekolah Haruka dan Takane. Bahkan Kido dan Shintaro ikut main game tersebut.

Dua tahun sebelum alur utama :

Sebelum 15 Agustus :

Seto menemukan Mary. Masih di hari yang sama Ayano menemukan rencana Kenjiro (ayahnya) dengan si ular dan mengatakan rencana itu hanya pada Kano. Sementara Ayano menginvestigasi rencana ayahnya, Kano mengubah dirinya sebagai Ayano dan menjalankan rutinitas yang dilakukan Ayano, kayak pergi ke sekolah. Setelah Ayano menginvestigasi, rupanya Kenjiro berencana menggunakan Takane dan Haruka untuk membuka Kagerou Daze.

15 Agustus :

Ayano bunuh diri melompat dari gedung atap sekolah dan menerima kekuatan Favouring Eyes (notabene saya juga gak tau kegunaan kekuatan Ayano ini apaan). Ketika Ayano bunuh diri, Kano melihat kejadian tersebut, tubuh Ayano tidak kembali ke dunia nyata. Masih di hari yang sama Takane mati gara-gara diracuni dan Takane menerima kekuatan Opening Eyes dan menjadi Ene. Sedangkan Haruka mati gara-gara sakit jantung, dan menerima kekuatan awakening eyes dan menjadi Konoha, rupanya rencana Kenjiro dan ularnya gagal total. Kemudian Kano yang mencoba menghentikan Ayano, malah Kano bertemu dengan ular Kenjiro. Ular yang merasuki Kenjiro mencoba mengancam Kano, jika Kano bekerja sama dengan si ular, ia tidak akan menyakiti keluarga Kano. Maka dari itu Kano mengubah dirinya menjadi mayat Ayano, sehingga kelihatannya si Ayano memang benar-benar bunuh diri. Sesudah itu, Kano yang masih dalam wujud Ayano melihat Shintaro, dan Kano menyalahkan Shintaro karena tidak peka. Shintaro menemukan fakta bahwa Ayano bunuh diri, dan gara-gara itu Shintaro menjadi hikkikomori. Masih di hari yang sama, Mary bergabung dengan Mekakushi Dan.


Satu tahun sebelum alur utama, Ene dikirim ke komputer Shintaro.

Plot masa sekarang :

Hiyori meminta Hibiya pergi ke kota untuk membantu Hiyori mendapatkan tanda tangan idol favoritnya dan sebagai balasannya Hiyori bakalan ngebantuin Hibiya mendapatkan sebuah handphone.


Sekarang kita menuju alur utama :

Kisaragi Shintaro cowok hikkikomori berumur 18 tahun yang selalu aja mengurung dirinya di kamar -ya lah namanya juga hikki- addict banget ama yang namanya komputer plus internet. Waktu itu Shintaro lagi bikin lagu di komputernya, niatnya sih biar bisa terkenal gitu di situs NicoNico, eh karena kejahilan Ene, Shintaro tanpa sengaja numpahin soda ke komputernya, alhasil rusak deh! Shintaro gelabakan nih! Dia pengen pesan komputer tapi karena ada festival obon, jadi pada gak bisa nganterin sampai tanggal 17 Agustus. Ya, karena Shintaro itu addict ama komputer dia gak kuat kalo 1 hari aja tanpa komputer, akhirnya nih makhluk memberanikan diri keluar rumah, tepatnya sih ke departement store buat beli komputer. Eh, rupanya di sana tiba-tiba ada penyerangan sekomplotan teroris, apes nasib lu ya Shintaro. Nah, di sini dia ketemu Kano and the gang. Mereka sama-sama ngehentiin aksi komplotan teroris dengan kekuatan mata mereka -khusus buat geng Mekakushi Dan- setelah itu Mekakushi Dan mengajak Shintaro dan Ene -waktu itu Ene ada di ponsel Shintaro, inget kan walaupun base camp si Ene itu di komputer Shintaro, tapi dia bisa pergi ke peralatan elektronik apa aja- bergabung dengan geng.

Sebelum kejadian itu, adenya Shintaro, Momo si idol populer yang memiliki kekuatan menarik perhatian orang-orang. Ya, itu karena kekuatan "Drawing Eyes" yang dia miliki, si Momo frustasi banget nih, dia kepengen mengontrol kekuatannya, biar bisa normal kembali. Ya lah, risih tau setiap elu mau pergi kemana-mana diliatin ama orang mulu. Udah dicoba, tapi gak berhasil. Nah, pas dia melarikan diri dari fans-fansnya. Momo gak sengaja ketemu ama geng leader Mekakushi Dan, Kido. Kido mengajak Momo buat bergabung dengan geng. Momo mau bergabung ama geng. Di sana dia ketemu ama Mary yang gak sengaja ngebuat ponselnya basah, dan mereka semua pergi ke departemen store -minus Seto- buat beli ponsel baru Momo. Kido menggunakan kekuatan matanya buat Momo -biar orang-orang gak merhatiin si Momo terus, kan kekuatan Kido bisa menyembunyikan kehadiran-  eh, di waktu yang sama mereka ketemu Shintaro.

Ya, segitu aja dah saya nulis alur utamanya, fuih capeee banget, dan gak nyangka bakal sepanjang ini hehe...
Nah, kalo kita simpulin, Kagerou Daze itu adalah dunia yang tak ada akhirnya, Azami yang menciptakannya. Pas tanggal 15 Agustus, ketika Mary mati, itu ulang tahunnya Azami. Terus, untuk mencapai Kagerou Daze, mereka mesti mati tepat pada tanggal 15 Agustus. Untuk keluar dari Kagerou Daze, mereka membutuhkan 1 orang yang terjebak di dalam sana = mati, makanya Ayano gak bisa keluar dari Kagerou Daze, kekuatan yang mereka dapat berhubungan dengan keinginan mereka. Mereka gak ingat apa yang terjadi di dalam Kagerou Daze. Untuk mengontrol kekuatan mata itu, pertama-tama mereka harus menyukai kekuatan itu dulu. Di lagu Outer Science sepertinya Mary bisa mengontrol Kagerou Daze dan memutar ulang waktu. Tujuan utama Mekakushi Dan adalah mengumpulkan orang-orang yang memiliki kekuatan mata merah.

Nih saya kasih screenshot artwork animenya dan nama dari seiyuunya juga sekalian :
Kalo berminat ama Kagerou Days, mending liat PVnya yak, sekalian baca LN ama manganya juga. Soalnya kalo langsung liat animenya di jamin bakal pusing tujuh keliling mikirnya. Hahahaha.... pokoknya Kagerou Days itu epic abis!! :)

Oh iya, kalau penasaran ama karakter Kano itu antagonis atau protagonis, kalian bisa baca di postingan saya mengenai spoiler light novel vol. 5, di situ mungkin ke jawab siapa Kano link

Dan kabar baiknya lagi, setelah rilis full version OP animenya Daze - Jin feat MARiA, katanya Jin juga bakalan ngerilis drama CD yang akan memuat kunci rahasia di balik Kagerou Daze. Woaaaa gak sabar, okeh... saya telat update, drama CDnya udah rilis bersamaan dengan rilisnya OP dan EDnya. Silahkan cek ke TKP link 

Oh, ya tracklist drama CDnya yang judulnya 'the old days' ya... silahkan dengerin sendiri, bagi yang gak ngerti nih saya kasih translationnya link

{ 64 comments... read them below or Comment }

  1. waaaah mantab... sampe cape bacanya hahahah ^_^, anime nya dah kluar tuh. sesuai ama yang di tulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehehe... maaf yak kebanyakan, lagi bersemangat banget waktu itu nulisnya :v
      Iya, animenya udah nonton kok, ada perbedaan dikit.

      Hapus
  2. Tsukihiko ama Ayaka kapan ada info profilnya, sebelum itu thank's lengkap banget dah tetap jaya ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori baru bales...
      Sebenernya Tsukihiko ama Ayaka karakternya gak penting-penting amat sih :v
      Tapi... oke deh entar saya tambahin.
      Okeh, makasih juga yak!!

      Hapus
  3. berasap kepala ane gan baca nya OAO
    udah 3x ane baca ulang tetep aja ngga fasih mahaminnya
    asli bingung ...
    tp nice share gan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew... kalo masih bingung gan coba dulu deh baca manganya, LNnya sama donlod PVnya, terus cari-cari fakta tentang Kagerou Daze, mungkin agan bisa ngerti.
      Oke, makasih gan.

      Hapus
  4. Kekuatannya Shintarou itu apa yak ?? O.o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya pas saya baca fakta di fandom Kagerou Daze, ada yang bilang enggak tau juga kekuatan Shintaro apaan. Tapi coba liat deh PV Lost Time Memory, di situ Shintaro rute 1 diberi kekuatan mata Ayano serta syal merah dan Ayano seketika menghilang hiksu...
      Itu artinya Shintaro punya kekuatan Favouring Eyes.

      Hapus
    2. maaf yak saya sebenernya juga gak tau favouring eyes itu gimana kekuatannya. Di fandom Kagepro jg belum ada infonya apalagi di LNnya.

      Hapus
    3. min,ini masih sebuah misteri,shion itu kan ibunya marry kan tu siapa bapaknya?


      Hapus
  5. Jangan pernah bosen untuk update ya, Mihi-Miho nyan~ berkat review dari kamu, aku jadi makin paham mau dibawa kemana jalan ceritanya, awalnya aku nonton animenya cuma untuk nambah koleksi anime musim ini, tapi karena suka plus penasaran jalan ceritanya aku juga baca manganya, translansi novelnya juga download semua pvnya, biar makin paham jalan ceritanya, tapi tetep aja belum nemu jawaban pasti -_- apalagi waktu di eps.4 heat haze daze, kok si Hibiya ama Hiyori bisa masuk ke kagerou daze gimana caranya, padahal si Hiyori mati tertabrak terus kok waktunya bisa terulang gitu terus, yah intinya terus update reviewnya biar orang baru kayak aku paham jalan ceritanya, jujur kalo lihat animenya dari eps1 aku kagak paham, jadi review dari orang kayak kamu bener bener dibutuhkan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah kebanyakan orang yg pertama kali nonton MCA/Kagerou Daze belum pernah baca manga, LNnya, terus belum liat PVnya pasti kebingungan, yang udah baca plus nonton PVnya juga masih bingung.

      Plotnya emang komplek banget, rada pusing juga. Apalagi pas bagian plotnya Takane gimana dia masuk ke Kagerou Daze, sendirian atau bareng Haruka? Tapi kalo bareng kok mereka sama-sama punya kekuatan?? Atau karena mereka hasil percobaan makanya bisa masuk Kagerou Daze sendirian?? Ene juga memiliki kemampuan bisa pergi ke masa lalu, dan dia email-emailan ama Ayano dan bekerjasama menghentikan 'clarifying guy' alias si Kuroha untuk menghentikan memberikan mereka bad ending. WTH... semakin pusing aja!!

      Saya sebenernya juga bingung ama plotnya Hiyori ama Hibiya. Tapi, mungkin saya bisa ngejelasin walaupun ada sedikit teori menurut fans bukan true story dari si Jin.

      Udah baca LNnya kan? Di situ tiba-tiba aja ada kucing item yg mencurigakan, ada yg bilang itu Azami ada yg bilang juga itu Kano (soalnya Kano dicurigai bisa jadi karakter antagonis).

      Kalau teorinya si kucing item itu Azami, sebelumnya plot Heat Haze Daze ini berhubungan ama plot Konoha's State of the World, plot DEAD and SEEK, dan plot Headphone Actor (plot Headphone Actor berhubungan ama plot Heat Haze Daze masih teori yah). Nah, plot Headphone Actor sendiri menceritakan sekelompok ilmuwan yg berencana menghancurkan dunia tanpa akhirnya Azami.

      Okeh, kembali ke plot Heat Haze Daze, ketika Hiyori ketabrak truk, itu bertepatan tanggal 15 Agustus. Ingat kan tanggal 15 Agustus itu tanggal sakral di Kagerou Daze. Hibiya pingsan karena shock. Melihat hal itu Azami memutuskan memutar waktu kembali ke tanggal 14 Agustus berupaya untuk menyelamatkan Hiyori dan Hibiya dan dari situ Hibiya ama Hiyori masuk ke Kagerou Daze.

      Kenapa waktunya terulang terus? Kembali pada sekelompok ilmuwan yg berencana menghancurkan dunia tanpa akhirnya Azami, di PV Heat Haze Daze ketika Hibiya bangun pada tanggal 14 Agustus, hari sebelum kejadian di mimpinya terjadi (alias kejadian Hiyori ketabrak truk) dan hari itu dia dan Hiyori pergi ke taman untuk bersantai. Hibiya yang mengingat mimpinya gelisah kalau yang terjadi di mimpinya akan terjadi lagi, dan meminta Hiyori untuk pulang lebih cepat. Di saat mereka pulang, di hari itu sekelompok ilmuwan memutuskan untuk mencoba menjatuhkan tiang besi bangunan dan menusuk Hiyori, jangan tanya gimana mereka ngelakuinnya, saya juga bingung :v

      Azami memutuskan mengulang waktu kembali, kan rencana dia kepengen nyelamatin Hibiya ama Hiyori. Setelah sekian lama, Hibiya baru nyadar kalau dia ama Hiyori terjebak di perulangan waktu. Hibiya berkesimpulan bahwa siksaan tak berujung ini akan berakhir kalau dia yang mati menggantikan Hiyori. Tapi pada kenyataannya perulangan waktu tetap berlanjut.

      Kenapa Hibiya bisa keluar dari perulangan waktu? Disebutkan di majalah, katanya perulangan waktunya akhirnya rusak.

      Gimana? Apa masih bingung?? Btw si kucing item sebenarnya itu Azami inget itu masih teori yah, karena fans-fans yg berkecimpung di dunia Kagerou Daze masih banyak yg bingung plus gak tahu. Yah, karena informasinya masih sangat sedikit.

      Hapus
    2. fast respon, makasih Miho nyan^^

      Hapus
    3. Iyah, sama-sama...
      Eh, maaf nih ada kesalahan. Saya baru baca spoiler LNnya Volume 5. Si kucing item itu kayaknya Kano. Di animenya juga keliatan si bayangan si kucing pake hoodie.

      Kalo gak keberatan bisa baca di sini : http://shyning-sohee.blogspot.com/2014/05/spoiler-light-novel-kagerou-days-volume.html

      sepertinya bakalan sedikit terjawab.

      Hapus
    4. Oke makasih banyak Miho nyan (╯▽╰)

      Hapus
    5. Iyap, sama-sama~ Reyhan.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. favouring eyes tuh kekuatanya kaya gimana ??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeee~ maaf yak saya sebenernya juga gak tau favouring eyes itu gimana kekuatannya. Di fandom Kagepro jg belum ada infonya.

      Hapus
  8. Sankyu^^ lengkap banget review-nya.. Awal-awal masi bingung nonton anime sama liat PV-nya -o- mau baca LN-nya dimana ya selain di bakatsuki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ne, douite... hehe, emang kalo nonton animenya ngebingungin. Kalo gak salah di blog kaori hikari, bisa searching di google kok...

      Hapus
  9. Wah.jadi ngerti nih ceritanya,sy baru d episode 2 udh Ga ngerti jalan ceritanya... Dan scenenya aneh,kayak kebanyakan *hayalan* atau apalah.susah jelasinnya,kyk misalnya yank pas kisaragi рӗrƍĩ ke Mall,orang2nya mukanya ngak kliatan,gitu (ˆ́▿ˆ̀")...........Dan alurnya juga sy Ga ngerti tp pas baca artikel ini jadi mengerti.thnks sdh d buat artikel ini.updatenya tolong beritahu sy atau buat widget follower biar sy ßIsa follow dan ikuti perkembangan artikel lainnya... Yoroshiku (ˆ́▿ˆ̀)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skali lagi Arigato Gozaimats (ˆ́▿ˆ̀")

      Hapus
    2. Hehe iya, saya jg ngikutin animenya, klo yg blm pernah kenalan ama kagepro terus langsung nonton animenya pasti gak paham plot yg mau disampain di anime itu, alurnya jg maju-mundur gitu.

      Kenpa krakter org"lain gk digambar mukanya, krna yg ngbkin artwork karakter Kagepro cuma berfokus pada karakter utama aja, makanya di animenya kagak penting"amat kalo digambar.

      Syukur ngerti ama penjelasannya. Entar saya tambahin widget followernya deh, soalnya belum ada ngutak ngatik blog. Lagi sibuk di dunia nyata. Douite Setyo...

      Hapus
    3. Widget followernya udah tersedia... sekedar ngasih tau.

      Hapus
  10. Sankyu gan, ane cuma liat Anime, yang manga ga ngerti...
    Akhirnya bisa ngerti certanya, tapi bagian yang masih ga ngerti apakah kano itu protagonis atau antogosnis (klo diliat dari sisi anime)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap!! Douite!! Kalo gitu baca juga LNnya. Di manganya itu gara-gara ditembak kuroha, waktu mereka keulang lagi. Plotnya beda-beda. Syukur bisa ngerti, Kano itu protagonis, nih kalo pengen baca spoiler light novel 5nya : http://shyning-sohee.blogspot.com/2014/05/spoiler-light-novel-kagerou-days-volume.html?m=1

      Hapus
  11. akhirnya dapet juga info lengkapnya, awalnya nonton mekaku dikasih tau temen katanya bagus, eh malah akunya kebingungan, baca manganya, lumayan ngerti hehe, manganya bru sampe chap 21, buat bahasa indonesia, jd msih agak penasaran >w< makasih ya >w<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, plot anime beda dari manga ama novelnya, makanya rada ngebingungin. Saya pun dibuat bingung pas nonton ep. 08... XD

      Eh, baru chapter 21 yak!! Saya update manganya baru ampe chapter 22 yang english tapinya, yang indo lelet banget waktu itu nunggunya :D

      Iyah, sama-sama...

      Hapus
  12. itu drama CD yang akan jadi kunci kagerouy daze nya udah rilis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... kayaknya sih belum rilis deh.
      CD soundtracknya OPnya juga belum rilis.
      Kemungkinan barengan rilisnya.

      Hapus
  13. Gan gue masih bingung nih sama MCA ep12. Di ending shintaro nya udah mati? Mekakushi dan nya mau kemana? Para geng udah mati? Lah trs kenapa ayano di dunia nyata atau apalah? Terus gan si shintaro mau kemana di ending? Tapi keanya shintaro masih idup ya pas di endingnya? Lah terus kenapa pas shintaro ngerespon ajakan ayano terus shintaro nya berjalan sendirian dan yg lainnya ga ada? Bingung gue 10keliling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yg gwe juga bingung, sebenarnya di endingnya eps 12 itu mereka semua mati / masih hidup ???, kok waktu liat ending song di eps 12 semua tempat yg pernah mereka tinggalin kosong semua kaya seakan akan mereka udah mati semua / hilang dari dunia nyata. Dan juga spoiler dikit dong tentang hubungan ayano sama shintaro,saya gk baca LN nya masalahnyaa, pengen tau aja apa mereka nikah atau gimana gitu :v, masalahnya mereka best couple menurut gwe

      Hapus
  14. Sahur2 dibikin bingung-_- itu di mca emang udah beneran tamat ceritanya gan? Maksudnya konflik nya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ending Shintaro gak mati kok. Perasaan itu happy ending deh. Mekakushi Dan-nya mau kemana? Mungkin pengen ngumpul ke apartemen KanoKidoSeto. Para geng juga gak mati.Cuman Konoha aja yang menghilang, Hiyori juga udah kembali. Maksudnya Ayano bisa kembali ke dunia nyata gitu? Shintaro yang nolong Ayano pake kekuatan mata merahnya buat keluar dari dunia Kagerou Daze.

      Oh ya, sekedar mau ngasih tau aja... lagu, LN, sama manga timelinenya beda-beda sedangkan di anime merupakan timeline terakhir dari perputaran waktu dunia Kagerou Daze. Setelah Shintaro ngerespon ajakan Ayano saya juga bingung kenapa Shintaro milih jalan yang berbeda.

      Iyah, konflik MCA emang udah END. Yah, tapi kan masih ada LN sama manga. Mungkin dari sono bisa aja ada jawaban dari kebingungan-kebingungan yang ditimbulkan MCA.

      Hapus
  15. gan bukannya ayano gak bisa keluar dari daze ya kok di ep 12 si shintaro sama ayano bisa keluar dari daze sama ene bisa ke tubuh nya takane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini... anggap aja timeline di lagu, LN, sama manganya itu berbeda-beda, dan timeline di anime merupakan timeline terakhir dari perputaran waktu dunia Kagerou Daze. Soalnya keliatan dari Shintaro yang udah punya kekuatan mata merah.

      Sebenernya di anime ada 1 lagu lagi tuh yg gak dianimein, Outer Science. Udah tau plot Outer Science enggak?? Si Ular antagonis yang mengambil tubuh Konoha sehingga berubah menjadi Kuroha, nah si Kuroha ini yang membunuh semua anggota Mekakushi Dan. Memaksa Mary untuk me-reset waktu kembali. Di episode Otsukimi Recital pas di akhir atau apa, lupa juga saya, ada tuh kan ya adegan Shintaro ketemu Ayano di dunia KageDaze (dengan menggunakan kekuatan Shintaro yaitu mengingat yang sebelumnya diberi Mary di timeline yang berbeda, jadi artinya Shintaro pernah mati dan enggak mengingat Ayano) dan Shintaro ngomong ke Ayano yang intinya sekarang gak apa-apa kau kembali ke dunia nyata. Ayano bisa menggunakan kekuatannya sendiri untuk menyampaikan perasaannya kepada Mary agar tidak me-reset waktu lagi. Dan itu berhasil. Ayano bisa kembali ke dunia nyata dibantu Shintaro dengan kekuatannya itu.

      Sedangkan Ene yang bisa kembali ke tubuhnya itu dibantu oleh Kano. Di Ep. 9 ada kan si Kano ngebawa Ene ke tubuhnya. Entah gimana prosesnya si Ene bisa kembali ke tubuhnya, mungkin bisa dibaca di LN vol. 5.

      Hapus
  16. Baca manganya doang, ngerti sih tapi cuma sampe chapter 11 (padahal udah baca sampe chapter 23-_-). Abis ditembak Kuroha, ceritanya tuh jadi kayak ke-restart tapi ganti cerita. Terus baca salah satu komen di atas ternyata emang ceritanya gitu ya? Alur maju mundur, plot ganti-ganti..Udah lumayan ngerti deh mihihihi
    Nah sekarang (gara-gara tulisan kamu di atas) jadi pengen liat PVnya apalagi yg Ayano soalnya katanya sedih kan bhahaha xD

    BalasHapus
  17. Wow, lengkap banget ya, reviewnya. Bisa bikin aku lebih paham lagi setelah baca LN dan manganya. Omong2, aku baru tahu kalau kekuatan mata itu sesuai dengan harapan mereka. Dan Mary yg suka baca BL itu dapet infonya darimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur deh~~ makasih yah udah nyempetin baca review sepanjang jalan akhirat ini, ngahahaha. Iya,
      Itu infonya di Wiki, terus di tumblr juga yang ada trivia-trivia mengenai KagePro.

      Hapus
  18. Link anime ny ad gk ya? Dari episod 1 ampe seterus ny, atau website anime ny mungkin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bales. Coba kamu cari di Wardhanime.com atau gak di animeindo.tv kalau mau streaming

      Hapus
    2. Maaf baru bales. Coba kamu cari di Wardhanime.com atau gak di animeindo.tv kalau mau streaming

      Hapus
  19. saya mau tanya konoha itu hilang/lenyap atau berubah menjadi haruka kembali soalnya di episode 12 bagian akhirnya orang yang berdiri ada 9 terus dikurang 2 karena hiyori bukan anggota mekakushi-dan terus shintarou gak berdiri disana (ada di belakang ayano) jadi siapa yang ada di antara takane dan momo dan lagi kalau dilihat dari summertime record kayaknya konoha kembali menjadi haruka tapi pada episode 12 ada bayangan konoha yang berlari apakah itu cuman bayangan konoha saja pada menit ke- 20.30 (jiwa nya serasa ada di sana) dan yang membuktikan haruka telah kembali adalah video summertime record dibagian yang dulu ada tahi lalat nya pun berubah menjadi tanda yang ada di wajah konoha dulu tapi tidak berwarna merah tetapi hitam.
    mohon dilihat di episode 12 dan mohon dijawab soalnya penasaran banget (tidak mengerti alur cerita animenya apalagi gambarnya kurang jelas jadi agak bingung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Min tolong jawab pertanyaan diatas.. soalnya ane juga penasaran siapa yang ada di tengah momo dan takane...
      Kalo kata ane sendiri yang animenya happy end deh...

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Ada season 2 nya? Klo ada kapan soh rilisnya ::)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak bakalan ada sih. Soalnya endingnya emang udah mentok. Kalau LN ama manganya masih On going. Mungkin kamu bisa ngelanjutin baca LN atau gak manganya

      Hapus
    2. Ending di LN nya gimana ya? :)

      Hapus
    3. Di animenya byk yg di potong:(

      Hapus
  22. Sankyuu Miho-chan ^_^ untung ketemu di blog ini, semangat ya Miho-chan :D (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yah baru bales. Sama-sama. Seneng reviewan absurd kek gini bisa bermanfaat. Makasih banyak~~

      Hapus
  23. Akhirnya ngerti juga diriku :") makasih min... Aku cuma nonton anime nya sih.. Kalo baca light novel nya dimana ya?

    BalasHapus
  24. Akhirnya mulai ngerti. Udah debat sama temen tetep aja gak nemu. Soalnya saia langsung nonton animenya. Tapu makasih ulasannya. Dan makasih buat animenya karena telah membuat saya ada kerjaan yaitu debat

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Update dong, hehe LN nya udah end nih. Tapi gatau yang nerjemahin dimana, bakatsuki ada ga ya?

    BalasHapus
  27. Kak mau tanya, ayahnya Mary itu siapa ya? Penasaran

    BalasHapus
  28. Ohhh gituuu:v
    Akhirnya w paham juga alur ceritanya:v hehe

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Lidatan - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -