Posted by : Lidatan Senin, 18 Februari 2013

Hallo!! Kali ini saya mengulas tentang sinopsis Anime shojo dengan genre Horror yang judulnya Jigoku Shojo atau lebih dikenal Hell Girl. Sebenarnya sih saya belum pernah nonton animenya, tapi cuman pernah baca manganya doang, haha... Tapi yang jelas inti ceritanya sama kan yah sama animenya? Okeh langsung saja, sinopsis Jigoku Shojo:


Jika kalian memiliki dendam, maka akseslah website http://jigoku.net tepat jam 12 tengah malam. Di dalam situs itu akan ada sebuah kalimat yang bertuliskan "Dendammu, akan kubalaskan" lalu di bawahnya terdapat sebuah kolom tempat kita menuliskan nama orang yang kita benci. Jika menekan tombol untuk mengirim pesan tersebut, tiba-tiba seorang gadis bermata merah bernama Enma Ai akan muncul. Ia adalah seorang gadis yang menawarkan untuk membalaskan dendam dan mengirim orang yang kita benci ke neraka. Sebelum membalaskan dendam, Ai akan memberikan sebuah boneka jerami yang di lehernya terlilit seutas benang merah. Jika benang merah itu dilepaskan dari leher boneka tersebut, maka orang yang hendak membalaskan dendamnya dianggap telah melakukan perjanjian dengan Ai. Kemudian Ai akan segera melaksanakan pembalasan terhadap orang yang dituju dan mengantarkan orang itu ke neraka. Tapi sebagai imbalannya orang yang ingin dendamnya terbalaskan juga harus menyerahkan jiwanya untuk dibawa menuju neraka setelah ia mati. Setelah dendamnya terbalaskan, di dada orang itu akan muncul sebuah tanda berbentuk lingkaran untuk mengingatkan tentang perjanjian yang dibuatnya dengan Ai.

Ai yang pendiam tinggal bersam neneknya di sebuah rumah dalam suatu dimensi dunia di mana langit selalu terlihat senja. Ai tidak bekerja sendirian dalam membalaskan dendam seseorang. Ai dibantu oleh tiga orang asistennya yaitu seorang cowok ganteng dengan penampilan cuek yang bernama Ichimoku Ren, lalu ada Hone Onna, seorang wanita cantik yang sering terlihat memakai kimono. Dan seorang lelaki tua bernama Wan Yuudo yang selalu memakai topi dan syal merah. Ketiga asisten itu membatu Ai selama orang yang menjadi terget mereka ditunjukkan dosa-dosanya dan diteror untuk mengakui dosa-dosanya. Mereka juga menyelidiki hal-hal yang menjadi penyebab kasus pembalasan dendam yang mereka tangani, apalagi yang mereka anggap mencurigakan.  

Sebenarnya dari setiap manga yang saya baca pasti diawali dengan seorang tokoh protagonis yang memiliki perasaan dendam yang memuncak pada seorang tokoh antagonis. Dan mulailah tokoh protagonis tersebut mengakses website Jigoku Tsushin (Hubungan Neraka). Tapi ada juga diselipkan kisah masa lalunya sang tokoh utama, Ai Enma dan beberapa asistennya.

Kalau gak salah anime ini ada dua season, Jigoku shojo Futakomori. Selain itu, anime ini juga diangkat menjadi live action. Saya belum pernah nonton tuh yang versi live actionnya. Nah, beberapa karakter di anime Jigoku shojo :

Karakter utama

Ai Enma : Sulih suara oleh: Mamiko Noto (Jepang), Brina Palencia (Inggris)

Enma Ai merupakan tokoh protagonis utama pada cerita Jigoku Shōjo. Dengan rambut hitam panjang dan mata merah, dulunya dia pernah mengalami sebuah tragedi yang amat pahit di kehidupannya. Karena kesalahan pahaman warga-warga di desanya, yaitu mereka mengira Ai dapat menghidupkan kupu-kupu, ia di aniaya dan dipanggil setan atau anak iblis. Ketika ia berusia 7 tahun, ia dipersembahkan pada Dewa Gunung agar panen di desa melimpah. Ia dikurung di hokora (kuil kecil di gunung) dan semua orang memojokkan dia. Tapi suatu hari dia ditolong Sentarō, sepupunya. Orangtuanya dan sepupu laki-lakinya melindungi dia dan kabur ke hokora (gunung), akhirnya dia ditemukan juga. Akhirnya dia dikubur hidup-hidup bersama orang tuanya oleh penduduk desa itu. Sentarō tidak tega mengubur Ai dalam keadaan hidup. Tapi karena dipaksa, akhirnya dialah yang mengubur wajah Ai yang pertama kali. Akhirnya Ai membalaskan dendamnya dengan bantuan bos neraka(laba-laba). Kini ia tinggal di sebuah dunia yang terus-menerus berada dalam keadaan senja bersama neneknya. Dia bertugas untuk membalaskan dendam kliennya kepada yang didendami klien tersebut. Ai selalu muncul dengan memakai seragam seifuku atau seragam pelaut berwarna hitam, tetapi Ai akan memakai kimono bercorak floral (maupun polkadot) pada saat ia menjalankan tugasnya sebagai Jigoku Shōjo. Dia menjalankan tugas ini selama lebih dari 400 tahun. Kata-kata kutukannya adalah:

Yami ni madoishi awarena kage yo (闇に惑いし哀れな影よ): "Hei, bayangan yang menyedihkan yang tersesat dalam kegelapan..." Hito o kizutsuke otoshimete (人を傷つけ貶めて): "...selalu menyakiti/memandang rendah orang lain..." Tsumi ni oboreshi gō no tama (罪に溺れし業の魂): "...jiwa yang tenggelam dalam dosa..." Ippen... shindemiru? (一遍... 死んで見る?: "...apa kamu mau mati?/apa kamu mau coba mati?? Lebih baik mati saja?? Apa kamu mau sekarat?"

Ren Ichimoku : Sulih suara oleh: Masaya Matsukaze (Jepang), Todd Haberkorn (Inggris)

Ren adalah asisten pertama Ai, muncul dengan bentuk seorang lelaki muda yang tampan. Dia memiliki 3 buah bola mata. Mata ketiga yang terdapat pada dahinya ini sering dipakai oleh Ren untuk mengamati ruang dan bisa menembus dinding. Ren berpakaian kasual layaknya remaja laki-laki pada umumnya. Ketampanannya cukup menarik perhatian para gadis. Ia kadang-kadang menyamar menggunakan nama Ichimoto.

Hone Onna : Sulih suara oleh: Takako Honda (Jepang), Jennifer Seman (Inggris)

Hone Onna adalah seorang wanita cantik yang memakai kimono dan memakai obi yang menandakan bahwa ia adalah seorang geisha.Hone Onna juga salah satu asisten Ai Enma. Hone Onna dan Ai bersama-sama menemui klien dan mengantar musuh klien ke neraka. Di dunia nyata, Hone Onna menyamar sebagai seorang wanita biasa untuk menemui kliennya. Hone Onna juga memiliki sebuah senjata, yaitu pisau lempar. Kemampuan Hone Onna yang lain adalah dapat berubah menjadi tulang belulang, karena memang namanya juga berarti wanita tulang.

Wan Yuudo : Sulih suara oleh: Takayuki Sugo (Jepang), Robert Bruce Elliot (Inggris)

Wan Yuudo juga merupakan salah satu asisten Enma Ai dalam tugasnya. Wanyūdō berperan sebagai
penjemput roh-roh klien Enma Ai untuk diantar menuju ke neraka. Wanyūdō ditampilkan sebagai orang tua, dengan pakaian tradisional Jepang. Walaupun kelihatan tua, Wanyūdō memiliki kemampuan beladiri dan bisa melempar bola api. Wanyudo juga dapat berubah menjadi roda berapi yang digunakan untuk membawa Ai dari dunia senja ke dunia manusia.

Nenek Ai : Sulih suara oleh: Eriko Matsushima (Jepang), Juli Erickson (Inggris)

Wajah Nenek Ai tidak diketahui secara jelas, karena hanya diperlihatkan seperti siluet bayangan saja. Nenek Ai sering menasihati Ai dalam melaksanakan tugasnya. Kadangkala, Nenek Ai juga memberikan nasihat kepada pembantu Ai, seperti Wanyūdō dan Hone Onna.

Kikuri : Sulih suara oleh: Kanako Sakai

Seorang gadis yang kekanak-kanakan bermata biru yang lebih parah daripada Ai.Ia adalah gadis yang nakal, jahil dan agak menyebalkan. Ketika sesi Futamokori eps. terakhir tubuhnya diambil oleh Bos Neraka. Saat sesi Mitsuganae ia merasuki boneka. Setiap putaran kuncinya habis, temannya, Yamawaro, harus memutarkan kuncinya. Ia meminta Yamawaro memanggilnya Tuan Putri.


Laba-laba : Sulih suara oleh: Hidekastu Shibata

Karakter ini merupakan sebuah laba-laba yang berwarna aneh, biasa muncul pada saat Ai dan pembantunya sedang berkumpul.Bos neraka. Laba-laba ini berbicara seperti suara seorang lelaki. Laba-laba ini tidak pernah suka dan percaya dengan pembantu Ai. Laba-laba inilah yang membuat Ai mengemban tugas menjadi seorang gadis neraka.

Yamawaro : Sulih suara oleh: Hekiru Shiina

Seorang anak laki-laki yang tenang dan lembut. Selalu mengikuti Kikuri. Ia dapat berubah menjadi boneka jerami kuning.Dia adalah seorang anak hantu yang menjelajahi gunung tapi setiap kali dia dilihat oleh manusia, ia tampak seperti tumpukan jamur berjalan. Pada sesi Mitsuganae ke 17 Ia diangkat oleh Keluarga Ashiya untuk menggantikan Hikaru, anak mereka yang telah hilang lama. Ia digunakan oleh tuan Ashiya untuk percobaan hidup abadi bagi istrinya. Istrinya tak setuju dan akhirnya menuliskan dendam Hikaru di Hell Correspondence. Yamawaro terus merujuk Nyonya Ashiya untuk tidak melepaskan benang merah boneka jerami, tapi ia tak berhasil.

Mikage Yuzuki

Gadis kelas 3 SMP bermata biru yang menggantikan Ai. Sebelum ia menjadi gadis neraka, Ia selalu dihantui Ai, seperti selalu melihat Ai di cermin, dapat melihat kejadian Ai memberikan boneka jerami pada kliennya, dapat melihat Ai mengirimkan orang yang dibenci kliennya ke neraka, dll.

Ia selalu muncul dengan kimono merah bercorak bunga. Ia diberhentikan menjadi gadis neraka karena kesalahan yang ia lakukan yaitu, mau mengirimkan orang yang telah mengirimkan Akie ke neraka. Ia mendapatkan hukuman neraka.

Takasugi Akie

Teman baik Yuzuki. Ia dikirim ke neraka karena rasa berat hati.Merupakan orang yang paling peduli Yuzuki.

Hiraishi Itsuko

Teman Yuzuki. Orang yang pertama kali mengirimkan gurunya, Tange Hideto ke neraka setelah Ai menghilang 10 tahun yang lalu.Ia merasa sia-sia mengirimkan pak Tange ke neraka.

Karakter Lainnya

Hajime Shibata  : Sulih suara oleh: Yuji Ueda (Jepang), John Burgmeier (Inggris)

Hajime Shibata merupakan seorang mantan jurnalis. Dia mengumpulkan banyak uang berkat kerjanya dalam memata-matai aktivitas rahasia artis-artis. Pertama-tama, ia mencoba mengungkap situs Jigoku Tsūshin, tapi kemudian ia menyadari bahwa Jigoku Tsushin hanyalah sebuah rumor dan dia berpikir bahwa semua orang sebenarnya sudah berada di neraka. Entah mengapa, putri dari Hajime yaitu Tsugumi, memiliki hubungan rahasia dengan Ai. Hubungan ini memungkinkan Tsugumi untuk melihat segala hal yang telah dilakukan dan dilihat oleh Ai. Di edisi Jigoku Shōjo Futakamori, Hajime dikenal sebagai penulis biografi Enma Ai.

Tsugumi Shibata : Sulih suara oleh: Nana Mizuki (Jepang), Luci Christian (Inggris)

Tsugumi Shibata merupakan anak dari Hajime Shibata. Dia sering memanggil ayahnya dengan sebutan 'Hajime-chan'. Tsugumi melihat Ai secara tiba-tiba pada suatu hari dan memulai suatu hubungan rahasia dengan Ai. Mula-mula, ia menduga bahwa ia melihat Ai dari pandangan ayahnya. Tapi, lama-kelamaan Tsugumi menjadi segan untuk bertemu dengan Ai. Dalam musim Futakomori, Tsugumi diperlihatkan sebagai seorang tokoh yang menjadi sumber informasi tentang Ai. Pada episode ke 24 di Futakomori, nampak Tsugumi juga memiliki hubungan dengan Kikuri (salah satu tokoh dalam Jigoku Shojo Futakomori).

Ayumi Shibata : Sulih suara oleh: Hitomi Nabatame (Jepang), Colleen Clinkenbeard (Inggris)

Ayumi Shibata adalah istri dari Hajime Shibata dan ibu dari Tsugumi Shibata. Ia meninggal karena kecelakaan saat Tsugumi masih kecil.

Sources : Aimonster, Wikipedia

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. duh penasaran ama ni anime? download dimana ya enaknya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf yah baru bales.
      Mungkin agan bisa download di Shuhensubs.com, atau di narutobleachlover.net atau di animeindo.tv silahkan search aja di animelistnya di situ ada.

      Hapus

- Copyright © 2013 Lidatan - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -