Posted by : Lidatan Rabu, 11 Agustus 2010

Annyoeng Chingudeul *Bow...

Gara-gara aku gregetan oh... gregetan *nah loh? Kok malahan nyanyi!* ama yang namanya PLAGIARISME atau bahasa Indonya contek menyontek tanpa izin kepada si penciptanya. Nah... chingudeul pasti udah tahu kan ama kabar HOT Musisi Indo ngeplagiatin musik Korea, kayak 5 Bidadari jebolan dari KDI (Sebuah acara pencarian bakat melalui musik dangdut) yang ngeplagiatin konsepnya Wonder Girls, terus G-String dengan singlenya Sweet Olala yang ngeplagiatin konsep Girl band SNSD atau Girls’ Generation dengan konsep single mereka Oh!, gerakan dance Genie (Tell Me Your Wish), dan Run Devil Run, Geisha band satu ini ternyata plagiat, loh? Ternyata dan ternyata si Geisha ini ngeplagiatin cover albumnya F.T. Island, dan single mereka yang ada liriknya “Ku ingin kau tahu isi hatiku...” (Si author gak tahu judulnya apa. Hehehe...) ternyata plagiat dari single M2M yang Pretty Boy. Bagi yang hapal lagunya M2M pretty Boy samain aja Reff-nya ama Reff-nya Geisha. Pasti sama banget. Satu lagi dan ini yang paling parah banget diantara plagiat Musisi Korea yang lainnya. Tahu kagak si Musquito band alias Nyamuk band? Kalau tahu kalian para fansnya harus membuka mata lebar-lebar dan bagi yang gak tahu dan fansnya Boy Band Korea DBSK dan Big Bang termasuk saya juga, kita patut ngeprotes band tersebut. Mungkin apa karena gak punya biaya beli baju sekeren DBSK ama Big Bang makanya mereka kurang kerjaan mengedit foto DBSK ama Big Bang yang kepala DBSK ama Big Bang diganti ama kepala mereka, dan parahnya lagi foto itu dijadikan sebuah poster. Aduuh...parah bener kan? Mungkin hanya itu aja para musisi Indo yang ngeplagiatin musik Korea.

Nah...sekarang kita ngebahas tentang musisi Indo yang ngeplagiatin musik Jepang. Mulai dari Vierra yang ngeplagiatin lagunya Ayumi Hamasaki Divanya penyanyi Jepag. Si Vierra ngeplagiatin singlenya Ayumi yang “Daybreak” dan yang paling ngeyakinin si pembuat arransementnya tahu musik-musik Jepang, Moshi-moshi para pencinta band V6!! Tahukan single mereka yang Change The World? Ost. Anime Inuyasha dan jadi OP pertama. Coba deh kalian dengerin lagunya Pingkan Mambo ama Kertas band dengan single mereka “Kekasih yang Tak Dianggap”, pasti Reff-nya sama banget!!!, dan Zhivilia band dengan singlenya Aishiteru yang ngeplagiatin single Aoyama Thelma  Feat. Soulja -  Koko Ni Iru Yo.

Nah..ada satu pernyataan yang pernah aku denger dari sebuah stasiun televisi yang ngebahas PLAGIARISME. Intinya, Para musisi itu sangat senang MENCONTEK lagu yang mereka senangi apa lagi lagu tersebut belum terkenal atau asing ditelinga kita, bahkan ada banyak orang yang sudah menuduh para musisi tersebut PLAGIAT tetapi mereka tetap menepis tuduhan tersebut dan tetap mempertahankan pendapatnya bahwa karya yang mereka buat secara real atau original tersebut bukan hasil dari PLAGIAT. Ada satu contoh musisi Indo yang paling aku benci yaitu band Zhivilia dengan singlenya Aishiteru (Para fansnya Zhivilia maafkan saya). Mereka ngeplagiatin lagu Jepang yang judulnya Koko Ni Iru Yo dan pemilik lagu tersebut adalah Aoyama Thelma, lagu tersebut menjadi Ost. Anime Koko Ni Iru Yo. Terasa asing kan ama lagu jepang tersebut? Kembali lagi kealasan “Para musisi itu sangat senang MENCONTEK lagu yang mereka senangi apa lagi lagu tersebut belum terkenal atau asing ditelinga kita.” Nah... yang paling tambah aku benci lagi ama nih band, mereka ngaku-ngaku bahwa lagu dan arransementnya original bikinan mereka sendiri *Mwo?? Gila banget!! Dan yang paling meyakinkan bahwa mereka itu ngeplagiatin lagu Aoyama Thelma dengan adanya pernyataan salah satu apa semua yah?? (Author lupa), pernah kerja di Jepang, so...pastinya tahu kan lagu Aoyama Thelma tersebut? Emang lagu Jepang tersebut kurang dikenal di Indo tapi di Jepang sana udah dikenal, si Aoyama juga pernah duet bareng Taeyang Big Bang. Satu hal lagi, bukan hanya arransementnya aja yang diplagiatin tapi MV-nya atau Video clipnya juga 100% diCONTEK!!!!!! *Parah gak tuh???

By The Way any bus way, PLAGIARISME juga ada yang tanpa disadari, misalnya seorang musisi yang sering ngedengerin lagu kesenangannya, tetapi ketika ia membuat lagu tersebut musik yang ia senangi itu masih terngiang-ngiang di pikirannya, dan hal itu tetap saja PLAGIAT. Makanya banyak musisi yang puasa ngedengerin lagu buat menunjukkan kreatifitas musiknya. Nah...itu baru bagus!! Good Job!! Ada kabar pula bahwa lagu Ibu pertiwi itu juga ngeplagiat lagu barat yang aku gak ingat siapa namanya. Uwaah...tak disangka-sangka , padahal lagu itu sudah merakyat.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. bener tuh, lagu koko ni iru yo di plagiat abis!! parrah abis.. gak semua orang indonesia tuli akan lagu koko ni iru yo-nya Aoyama Thelma ft Soulja!! T.T

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Lidatan - Gumi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -